Agar Doa Cepat Terkabul – 10 hal syarat doa terkabul

5.0
Agar Doa Cepat Terkabul – 10 hal syarat doa terkabul

Allah menciptakan manusia di dunia ini agar menusia bertakwa kepadanya. manusia hidup diiringi dengan banyak keinginan. dalam hal pencapaian keinginan, yang perlu dilakukan adalah berusaha dan berdoa. lalu bagaimana jika doa kita belum juga terkabulkan? siapa yang akan disalahkan? apakah kita akan menyalahkan Allah? mungkin penyebab doa kita belum terkabul karena dari diri kita sendiri. Allah telah memberi petunjuk bagaimana cara agar doa doa kita cepat terkabulkan. berikut adalah sebab sebab yang manusia lakukan yang menjadi penghalang sehingga sulit terkabulnya doa manusia kepada Allah :

1. tidak memenuhi hak Allah

semenjak kita lahir ke dunia ini hingga sekarang mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa sesungguhnya Allah telah banyak sekali memberikan kenikmatan dan memenuhi segala kebutuhan kita. namun sampai sekarang banyak orang yang masih enggan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah. padahal Allah memberikan apapun yang kita inginkan. lalu bagaimana dengan hak Allah? bukankah kita juga harus memenuhi hak-Nya? jika kita melaksanakan apa yang menjadi hak Allah, menjalankan perintah-Nya, meninggalkan larangan-Nya maka insyaAllah dengan mudah doa kita pasti cepat terkabul.

2. tidak percaya adanya surga

di zaman sekarang ini semua hal semakin maju dan canggih. banyak manusia yang hidupnya tidak dapat menahan hawa nafsu. banyak yang enggan berbuat kebaikan. mereka tidak menyadari bahwa surga itu ada. surga diciptakan untuk hadiah bagi orang orang yang berhasil menahan hawa nafsu mereka. namun banyak manusia yang tidak sabar dan akhirnya menuruti kemauan syetan. bukankah tidak ada kenikmatan yang bisa melebihi kenikmatan surga? maka hal inilah yang membuat doa sulit terkabul. manusia tidak bisa sabar dalam menjalani hidup di dunia.

3. tidak percaya adanya neraka

dunia ini makin lama makin berkembang. semua semakin canggih. perilaku manusia di dunia ini semakin bermacam macam dan banyak yang tidak terkendali. manusia hidup di dunia semakin seenaknya saja. sekarang banyak manusia yang ceroboh. yang tidak menyadari bahwa setelah di dunia masih ada kehidupan kedua yaitu akhirat. manusia banyak berbuat dosa di dunia seakan akan tidak ada balasan atas perbuatan mereka. jika banyak yang melakukan keburukan, apakah mungkin Allah mau segera mengabulkan doa manusia? tentu saja tidak. maka kita wajib menjauhi apa yang dilarang Allah jika ingin doa kita segera terkabul.

4. mencari cari kesalahan orang lain

mencari kesalahan orang lain adalah hal yang buruk. semua manusia di dunia ini pasti mempunyai kesalahan. seharusnya kita sadar kesalahan kita bukannya mencari kesalahan orang lain. mencari kesalahan orang lain akhirnya akan berujung membicarakan kesalahan orang lain. perilaku tersebut hanya akan semakin menambah dosa kita dan mempersulit terkabulnya doa kita.

5. menyia-nyiakan Al-Qur’an

Al-Qur’an diturunkan oleh Allah kepada manusia sebagai pedoman hidup manusia di dunia. namun sekarang banyak manusia yang menjadikan Al-Qur’an hanya sebagai pajangan di rumah. manusia sekarang sering melupakan Al-Qur’an. jika kita mau merawat, membaca, dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, Allah akan segera mengabulkan doa-doa kita.

6. tidak menjalin silaturahmi dengan saudara

sesungguhnya umat islam seluruh dunia ini adalah bersaudara. kita wajib berbaik hati dan bersilaturahmi kepada semua orang terutama saudara dekat kita. manfaat silaturahmi sangan banyak. jika manusia saling menganiaya atau tidak menjalin silaturahmi dengan saudara maka akan terjadi perpecahan dan tidak mendatangkan kebaikan. Allah tidak menyukai hal tersebut dan doa doa yang kita panjatkan akan terhambat untuk dikabulkan. maka sambung tali persaudaraan dan silaturahmi di antara semua orang agar Allah mengabulkan doa doa kita semua.

7. jarang membaca ta’awud

bacaan ta’awud adalah bacaan yang dapat membuat manusia terhindar dari godaan syetan. dianjurkan manusia memperbanyak berdzikir dan membaca ta’awud. namun sekarang banyak orang yang meremehkan dzikir. banyak yang tidak mau berdzikir dan membaca ta’awud sehingga mudah sekali tergoda godaan syetan. hal ini yang membuat manusia menyimpang dari jalan Allah. memperbanyak dzikir dan ta’awud akan membuat manusia terlindungi dari pengaruh syetan dan selalu di jalan Allah dan Allah akan sayang pada kita sehingga doa kita dapat mudah terkabul.

8. tidak mau bersyukur

salah satu motivator super mengatakan, orang yang tidak mau mensyukuri hal kecil, tidak akan bisa mensyukuri hal yang besar. Allah sangat suka jika umatnya banyak banyak bersyukur kepadanya. Allah telah mengatakan bahwa jika kita mau mensyukuri apa yang diberikan-Nya sekecil apapun maka Allah akan menambah nikmatnya. manusia di dunia ini sangat rakus. apapun yang telah dimiliki namun masih tetap merasa kurang. Allah sangat tidak suka kepada orang yang tidak mau bersyukur atas sekecil apapun nikmat yang diberikan-Nya, jik Allah tidak suka tentunya tidak akan mungkin dengan mudah Allah mau mengabulkan doa kita. maka pernbanyaklah bersyukur.

9. tidak percaya adanya kematian

setelah menjalani kehidupan, manusia pastinya akan mati. kematian akan datang kepada seluruh manusia. manusia seharusnya dapat mengambil hikmah atas terjadinya kematian orang orang di sekitar kita bahwa hidup kita di dunia ini hanya sementara dan tidak ada yang kekal kecuali Allah. orang yang tidak percaya kematian, hidupnya di dunia akan seenaknya saja, tidak menyadari dosa dan tidak menyadari adanya pertanggungjawaban segala perbuatan setelah mati. kita wajib percaya adanya kematian karena memang sudah terbukti di sekitar kita. dan kita tidak tahu apa yang dirasakan dan apa yang terjadi setelah kematian. maka mari perkuat iman kepada Allah agar semakin dekan dengan Allah agar selalu dijalan-Nya dan doa kita di ridho’i.

10. tidak mau meminta kepada Allah

hanyalah Allah yang dapat memberikan apapun yang kita inginkan. banyak manusia yang sombong. mereka berharap kepada selain Allah. banyak orang yang tidak mau berdoa meminta kepada Allah. padahal jika kita mau meminta dan bersungguh sungguh berharap kepada Allah, maka Allah akan memberikan. jika kita tidak mau meminta kepada Allah maka Allah juga tidak akan memberikan. perbanyaklah berdoa dan meminta kepada Allah.

demikian 10 hal yang menghambat terkabulkannya doa kita. kita menjalani hidup di dunia hanyalah untuk mencari bekal untuk di akhirat nanti. maka mulai sekarang mari kita memperkuat iman, dan semakin mendekatkan diri kepada Allah agar selamat di dunia dan di akhirat juga selalu dikabulkan dan di ridho’i doa doa kita. amin. sesungguhnya orang yang berharap kepada Allah, tidak akan kecewa. 

sumber : khotbah sholat jum’at

3 Comments so far »

  1. by samsul wasi, on June 5 2013 @ 3:45 pm

     

    doa ini membantu saya dalam menjalani hidup dan mendapatkan keinginan artikel yang sangat bermanfaat

  2. by luthfi, on September 9 2013 @ 10:28 am

     

    terima kasih pencerahannya,,semoga kita menjadi orang-orang yang dimudahkan terkabulnya doa kita,aamiin

  3. by hanari, on May 23 2014 @ 4:37 pm

     

    Terimakasih pencerahannya,,

Comment RSS · TrackBack URI

Leave a comment

Name: (Required)

eMail: (Required)

Website:

Comment:

Agar Doa Cepat Terkabul – 10 hal syarat doa terkabul Responses